Percakapan Bahasa Korea untuk Pemula Tanpa Mengenal Huruf Korea Terlebih dahulu.

1 min read

Dalam belajar bahasa Korea pasti seorang pemula akan berpikir, Bagaimana ya bisa belajar bahasa Korea tanpa tahu dan mengenal huruf-huruf Korea 한글 (hangél) yang rumit itu terlebih dahulu ?

Sepertinya akan mudah kalau pemula itu belajar kosa kata atau percakapan yang langsung bisa diucapkan dan dipraktekkan dengan penutur bahasa aslinya.

Kalau belajar huruf-huruf terlebih dahulu pasti akan memerlukan waktu yang lumayan lama, belum lagi mengenal bentuk tulisannya, cara menggabung tulisan Korea dan cara bacanya yang pasti membutuhkan banyak waktu, meskipun itu memang penting.

Nah… buat kamu yang mau langsung ingin ngobrol dengan orang Korea kita lanjut yuk pelajaran kedua dari Madam berikut ini .

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh 

Annyong haseyo

Ketemu lagi sama madam yang sok syantik ini lagi 😎 Gimana kabarnya…? Alhamdulillah kalau baik dan sehat selalu. Terus bagaimana kabarnya bahasa korea yang bagian pertama kemarin sudah pada hafal belum?! Pelan-pelan aja g’ usah buru-buru karena itu butuh waktu. Ada pertanyaan kah Gus…? Ika… Siti… Bambang…? (Anggep aja madam banyak muridnya  hahaahaaa). Begini Madam! “kenapa kok tidak pakai 입니다! 입니다! (imnida) yang resmi gitu ya bahasanya? biasanya kan kalau belajar pakai bahasa resmi banget kayak gitu…! Ini kok cuma 에요! 에요(yeyo) doank!”

Pertanyaan bagus Joko…

Untuk yang lain banyak tanya seperti Joko ini ya? Nanti kalau madam g’ bisa jawab saya tanyain sama yang lain mungkin teman Madam yang bernama Lee Min Ho bisa membantu hahaaa 

Kenapa belajarnya pakai yang 에요(yeyo) karena ini bahasa yang dipakai sehari-hari di Korea bahkan yang 입니다(imnida) hampir tidak pernah dengar. Kan waktu belajar pakai bahasa Korea resmi banget, laaah pas nyampe Korea malah bingung karena g’ seperti yang diajarkan selama di Indonesia makanya langsung belajar yang 에요 (yeyo) aja biar lebih gampang lagian itu juga sudah bentuk sopan kok 😄

Kali ini kita akan belajar tentang perkenalan dalam bahasa Korea anak-anak … Dan ini kurang lebih sama seperti saat salam atau 인사(insa) yang kemaren.

“Belajar Bahasa Korea bagian 2”

 Perkenalan / 소개 (soge)

-Selamat pagi, perkenalkan nama saya Agus =

안녕 하세요  이름은 아구스  에요

-Saya berasal dari Indonesia =

인도네시아 에서 왔어요 (Indonesia eso wasoyo)

-Senang berkenalan dengan anda =

알게 되어 반가워요 (alge dweeyo banggawoyo)

-Mengapa ke Korea? = 

어떻게 한국에 왔어요 (Ottoke Hanguke wassoyo?)

-karena pekerjaan =

일하러 왔어요 (Ilharo wassoyo)

-Apakah anda bisa berbahasa Korea? =

한국말을 할수 있어요? (Hangukmarel halsu issoyo?)

-Sedikit =

조금만이예요 (jokémaniyeyo)

-Dimana rumah/tempat tinggal anda? =

댁이 어디에 있어요? (Deki odieso issoyo?)

-Di Gapyeong =

가평 있어요

-Sekarang saya harus berangkat  kerja =

이제 일하러 가야 해요 (ije ilharo kayaheyo)

-Sampai jumpa lagi, selamat jalan =

다음에 다시 만나요안녕히계세요 (daéme dasi mannayo, annyonghi gyeseyo)

Yang ini juga diingat-ingat yaaa pelan-pelan saja(lagunya Kotak ) tapi yang semangat! biar madam juga semangat nulisnya! Pasti sudah ngantuk tapi masih ingin baca dan mulut masih komat-kamit kan ngapalin 😄. Atau sudah tidak sabar pengen ngapalin kalimat yang lain ? Jadi tunggu pencetan tangan madam ok!

 “daéme mannayo…..”

Salam 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *