Manfaat Daun Lembayung

1 min read

Daun lembayung selama ini lebih dikenal sebagai sayuran yang enak dan sehat untuk dikonsumsi. Berasal dari tanaman kacang panjang, Anda pun sebenarnya tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk menemukan tanaman ini. Sebab Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain menyehatkan, daun lembayung ajuga dilengkapi dengan nutrisi penting seperti zat besi, Vitamin A, karbohidrat, fosfor, lemak, protein, kalsium, dan Vitamin B. Tak heran jika dengan kandungan yang komplit ini, Manfaat daun lembayung bagi kesehatan menjadi alasan yang diperhitungkan mengapa banyak orang gemar mengkonsumsi sayuran ini.

Berikut adalah beberapa Manfaat Daun Lembayung

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Bagi Anda yang sedang menerapkan pola hidup vegetarian atau alergi dengan susu sapi, daun lembayung bisa menjadi penggantinya. Ya, ini karena daun lembayung mempunyai kadar kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Dengan tulang yang sehat dan kuat, aktivitas keseharian Anda tentu akan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun.

2. Mencegah Hipertensi

Manfaat daun lembayung yang selanjutnya ialah mengontrol tekanan darah agar terhindar dari hipertensi. Berita gembira yang mungkin tidak sempat terlintas di benak Anda. Sayuran hijau yang menyuguhkan vitamin A ini ternyata juga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak cukup sampai disitu saja, sayur daun lembayung juga piawai membuat aliran darah mengalir lebih lancar. Sehingga oksigen dan sari-sari makanan yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah akan berjalan normal.

3. Menangkal Anemia

Konsumsi daun lembayung sesuai porsi yang dianjurkan dapat menghindarkan Anda dari bahaya anemia. Ini karena lembayung dilengkapi dengan zat besi dalam takaran yang dibutuhkan oleh tubuh. Anemia bukanlah penyakit yang bisa Anda anggap remeh, terutama bagi ibu hamil yang dapat mengancam keselamatan janinnya.

Jadi, tidak perlu lagi ya Anda menyajikan menu sayur daun lembayung ini di meja makan?.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Popularitas wortel sebagai sayuran yang punya kadar vitamin A melimpah mungkin lebih familiar di telinga Anda. Tapi bagaimana dengan daun kacang panjang?. Tidak hanya wortel saja, manfaat daun lembayung untuk kesehatan mata juga luar biasa. Lembayung dibekali dengan vitamin A yang baik untuk mata Anda. Dengan teratur menyantap lembayung, Anda akan memperoleh mata yang sehat dan jernih.

5. Menambah Nafsu Makan

Sama halnya dengan temulawak, daun lembayung juga mampu meningkatkan keinginan Anda untuk makan. Selain efektif diterapkan untuk orang dewasa, sayur atau olahan dari daun lembayung pun bisa Anda jadikan sebagai terobosan baru untuk membuat si kecil gampang makan.

Agar manfaat daun lembayung ini optimal, Anda bisa mengkreasikannya menjadi rolade atau oseng yang dihiasi dengan tampilan menarik.

6. Menurunkan Kolesterol

Kesalahan fatal yang terkadang tidak disadari oleh banyak orang ialah sebarangan menyantap makanan santan dan tinggi kolesterol. Padahal jika kebiasaan ini terus berlanjut, Anda sendiri yang akan dirugikan. Kalau sudah begini, Anda harus mengkonsumsi daun lembayung atau kolesterol Anda terkontrol.

Cara ini jauh lebih aman daripada Anda harus meminum obat atau suplemen demi tujuan serupa.

7. Menghindari Pembengkakan Payudara

Manfaat daun lembayung yang terakhir ini recomended sekali untuk diaplikasikan ibu menyusui. Seringkali saat ibu memberikan asi, si kecil menggigit puting atau timbul masalah lain yang mengakibatkan payudara membengkak. Tak usah cemas, ibu bisa menanganinya dengan memakan daun lembayung.

Tunggu apa lagi? Masih ragu dengan sayuran yang murah namun menyuguhkan khasiat yang melimpah ini?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *