Manfaat Daun Jambu Biji

1 min read

Ekstrak daun jambu biji memang sudah lama digunakan sebagai salah satu komposisi pembuatan jamu herbal. Hal ini karena daun tanaman ini dipercaya mampu menangkal bahkan menyembuhkan sejumlah penyakit yang diderita oleh manusia. Selain mudah dan mudah didapat, ketersediaan bahan yang melimpah juga menjadi alasan mengapa ramuan alami daun jambu biji masih diandalkan sampai sekarang.

Pemanfaatan daun jambu biji ini tentu bukan hal yang sembarangan. Daun ini dibekali dengan zat bermanfaat seperti Vitamin C, flavonoid, dan quercetin. Minum teh yang terbuat dari daun herbal ini pun sudah menjadi resep turun temurun untuk mengatasi masalah kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat daun jambu biji sebagai rekomendasi obat alami.

1. Menurunkan kolesterol

Gaya hidup tidak sehat, kurang berolahraga, dan kegemaran menyantap makanan dengan kadar kolesterol tinggi nampaknya menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kalau dibiarkan terus menerus, kolesterol yang menumpuk dapat memicu datangnya penyakit berbahaya.

Menurut artikel yang diterbitkan oleh “Nutrisi & Metabolisme” pada Februari 2010 menunjukkan bahwa partisipan yang minum teh daun jambu biji mempunyai kolesterol yang rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Dilansir dari drugs.com, Khasiat daun jambu biji juga menunjukkan hal serupa dengan studi 4-12 minggu berdasarkan dosis 0,4-1 kg per hari.

2. Mengobati jerawat dan bintik hitam

Anda mungkin pernah merasa tidak percaya diri lantaran jerawat yang muncul dengan tiba-tiba bukan?. Kalau sudah begini, kandungan antiseptik yang tersimpan dalam daun biji jambu adalah solusinya. Senyawa ini mampu melumpuhkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Caranya pun gampang, haluskan beberapa lembar daun biji dan bubuhkan pada jerawat. Diamkan sampai kering dan bilas menggunakan air bersih.

Untuk memperoleh manfaat daun jambu biji yang optimal, Anda harus mengaplikasikan tips ini secara teratur.

3. Menyembuhkan diare

Studi yang dimuat oleh “Revista do Institudo de Medicina Tropical de Sao Paulo” 2008 silam menguak fakta baru bahwa ekstrak jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphycoccus aureus yang dapat menimbulkan diare.

Uji coba serupa juga dilakukan oleh “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine” dimana subyek yang diberi sari daun jambu biji menjadi lebih cepat pulih dari infeksi diare.

Bagi Anda yang juga sedang bingung mengatasi diare dengan cara alami, manfaat daun jambu biji bisa Anda nikmati melalui seduhan tehnya. Alternatif ini akan mengurangi nyeri perut, tinja yang menjadi tidak encer, serta pemulihan yang lebih cepat.

4. Diabetes

Sebagian dari Anda mungkin baru pertama kali mendengar khasiat yang istimewa dari daun jambu biji ini. Flavonoid dan beberapa senyawa lain dari daun jambu biji ini akan membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil. Daun jambu biji disebut-sebut mampu menghalangi beberapa enzim yang berbeda, mengonversi karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa, dan memperlambat penyerapan ke darah.

Dapatkan manfaat daun jambu biji ini dalam seduhan teh yang nikmat untuk menemani waktu bersantai Anda.

5. Anti penuaan

Aktivitas di luar ruangan yang padat, ditambah dengan polusi ibukota yang tiada henti acapkali menimbulkan keluhan pada kulit. Satu diantaranya termasuk radikal bebas, zat jahat yang menyerang struktur kulit dan mengakibatkan penuaan dini datang lebih cepat.

Tapi berbahagialah Anda, karena ternyata manfaat daun jambu biji yang kaya akan antioksidan bisa Anda Andalkan.

Aplikasikan rebusan daun jambu biji pada kulit secara teratur. Perawatan ini selain menghancurkan radikal bebas juga dapat mengencangkan kulit.

Bagaimana? Tertarik membuktikan manfaat daun jambu biji yang luar biasa?.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *