Manfaat Daun Belantas

1 min read

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, daun belantas mungkin menjadi tanaman herbal yang jarang sekali Anda temui. Terlepas dari ketersediaan lahan yang semakin sempit setiap tahunnya, populasi tanaman ini serta minat warga perkotaan untuk membudidayakan pun masih terbilang rendah.

Iklim yang tidak cocok juga menjadi penyebab utama mengapa belantas sulit ditemukan di wilayah metropolitan. Kalaupun ada, biasanya Anda hanya bisa membeli dalam bentuk jamu atau belantas yang sudah dikeringkan. Hal ini karena belantas hanya bisa hidup dan mudah dijumpai di kawasan yang dekat dengan pantai. Tanaman ini tumbuh liar dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

Adapun pemanfaatan obat herbal ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai alternatif yang mudah dan mudah didapatkan oleh masyarakat setempat. Kira-kira apa aja yang manfaat daun belantas hingga sukses membuat tanaman ini menjadi bahan alami yang begitu melegenda?.

Berikut adalah manfaat daun belantas :

1. Menghilangkan bau badan 

Pola hidup tidak tepat serta kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat ditengarai menjadi pemicu utama mengapa bau badan kerap menghampiri banyak orang. Bau badan yang menyengat juga bisa disebabkan oleh kuman.

Satu hal yang perlu Anda ingat ialah bau badan merupakan persoalan yang sepele namun bisa mendatangkan dampak besar apabila tidak segera diatasi. Mengapa? karena keadaan ini berhubungan dengan kehidupan sosial Anda.

Tapi mulai sekarang Anda tidak perlu cemas, manfaat daun beluntas menjadi saran yang bisa Anda Andalkan. Caranya cukup minum rebusan daun beluntas secara rutin sampai Anda terbebas dari masalah ini.

2. Keputihan

Tanaman liar ini memang menjanjikan khasiat yang istimewa. Mengobati keputihan misalnya, gangguan pada organ reproduksi yang disebabkan oleh kuman dan menjadi sinyal tertentu pada wanita. Daun beluntas ini efektif menghentikan keputihan yang Anda alami dalam tempo yang singkat. Referensi lain selain putih yang menawarkan kelebihan serupa dengan manfaat daun beluntas ialah kunyit putih dan daun sirih.

Di samping itu, beluntas juga disebut-sebut mampu meredakan nyeri haid yang biasa menghampiri wanita saat menstruasi tiba.

3. Mengurangi pegal linu

Keunggulan lain yang disuguhkan oleh tumbuhan pinggir pantai ini ialah menekan rasa pegal linu yang sering datang tanpa peduli dengan situasi Anda. Langkah yang harus Anda aplikasikan untuk mengusir gangguan yang menyiksa diri ini ialah dengan mengkonsumsi rebusan daun beluntas. Dosisnya, 3 kali dalam sehari.

Mudah sekali kan?. Cara ini tentu lebih aman ketimbang Anda meminum obat yang dijual bebas di warung.

4. Nyeri pinggang

Banyak orang dipusingkan dengan nyeri pinggang. Terutama bagi mereka yang dihadapkan dengan jadwal padat dan dealine beruntun. Rebusan daun beluntas yang menyimpan kandungan baik bagi tubuh ini bisa Anda olah menjadi obat herbal untuk menuntaskan nyeri pinggang yang Anda rasakan.

Ambil daun beluntas dan rebus dengan air bersih secukupnya. Tiriskan, dan siap untuk Anda minum. Selain itu, manfaat daun beluntas lain juga akan membantu Anda mengatasi rematik.

5. Perut kembung

Gangguan ini seringkali datang tanpa bisa diprediksi. Perut kembung yang umumnya menjadi gejala masuk angin bisa diatasi dengan daun beluntas. Tanaman yang punya daun kecil dengan tinggi sedang ini dapat Anda manfaatkan dengan cara direbus sebelum kemudian Anda saring dan konsumsi secara teratur untuk menggasak khasiatnya.

Pastikan bahwa Anda memilih daun beluntas yang segar, agar hasilnya tidak mengecewakan.

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *