Manfaat Daun Alpukat

1 min read

Eksistensi buah alpukat sebagai sajian bahan makanan yang lezat dan bergizi tentu sudah sangat akrab di telinga Anda bukan?. Menyandang nama latin Persea Americana, buah yang memiliki bentuk lonjong dan berwarna hijau ini menyuguhkan segudang khasiat bagi kesehatan Anda.

Buah yang kaya akan kandungan protein dan Vitamin A yang dibanderol dengan harga terjangkau di pasaran ini ternyata juga bisa dimanfaatkan daunnya. Tanaman daun alpukat yang masih muda dan berwarna kuning jika sudah layu ini juga bisa menumpas beragam penyakit. Tapi tetap dalam pengolahan yang baik dan higienis tentunya.

Berikut 5 manfaat daun alpukat yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Sakit kepala

Keluhan ini bisa datang kapan saja dan dimanapun tanpa kenal waktu. salah satu penyebabnya ialah tekanan darah tinggi. Namun ada baiknya jika Anda tidak perlu terburu-buru mencari obat di apotek untuk menghilangkan sakit kepala yang Anda derita.

Ramuan herbal yang memanfaatkan rebusan daun alpukat merupakan alternatif jitu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Cuci bersih daun alpukat kemudian rebus dengan satu gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tuangkan setengah gelas air daun alpukat ditambah dengan air hangat matang. Untuk mendapat khasiat daun alpukat ini, Anda tidak perlu membayar mahal bukan?.

2. Sakit perut

Mengkonsumsi makanan sembarangan dan pola makan yang salah menjadi penyebab umum mengapa seseorang rentan sekali menderita sakit perut. Nah, bagi Anda yang anti dengan obat-obatan kimia, kini Anda bisa mengandalkan daun alpukat untuk meredakan sakit perut yang Anda derita.

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan antara lain :

  1. Daun pegagan
  2. Akar temu kelinci
  3. Kunyit
  4. Daun alpukat

Cuci semua bahan tersebut dan kupas kulitnya sampai bersih. Setelah itu, masukkan semua bahan dan rebus hingga mendidih.

3. Batu ginjal

Manfaat daun alpukat yang bisa Anda rasakan ialah mengobati penyakit batu ginjal. Gangguan yang menjadi momok menakutkan ini bukanlah penyakit yang bisa Anda anggap sepele. Sebab jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka bau ginjal ini akan membesar ukurannya. Serta berpotensi menimbulkan komplikasi bagi organ lain.

Rebusan daun alpukat ini dipercaya sudah sejak lama menyembuhkan batu ginjal. Kandungan zat alkoloid yang tersimpan di dalam daun alpukat akan meluruhkan batu ginjal secara bertahap. Senyawa ini juga mampu meningkatkan kinerja ginjal.

4. Hipertensi

Tekanan darah tinggi ditengarai menjadi penyebab stroke. Hal ini tentu mengundang kekhawatiran tersendiri, apalagi jika mengingat stroke dijuluki sebagai pembunuh pertama di dunia. Ambilah beberapa daun alpukat dan rebus dengan air hingga mendidih. Dinginkan terlebih dahulu, baru Anda bisa mengonsumsi ramuan ini. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi juga disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan merokok.

5. Infeksi saluran pernafasan

Manfaat daun alpukat yang selanjutnya mungkin tidak pernah Anda bayangkan sama sekali. Infeksi saluran pernafasan yang umumnya menyerang hidung, faring, disertai dengan demam dan kondisi tubuh yang melemah ternyata bisa diringankan dengan rebusan daun alpukat.

Bersihkan daun alpukat yang masih muda kemudian rebus. Campurkan dengan air sebanyak satu gelas dan ambil separuh dari air rebusan tersebut untuk Anda tuangkan dengan air matang yang hangat.

Selama ini, manfaat daun alpukat bagi kesehatan mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal, dengan biaya yang murah bahkan nyaris tidak mengeluarkan uang, Anda bisa menggasak segudang manfaat dari tanaman ini.

 

Manfaat Daun Pandan

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Sukun

Ahmad fahmi
1 min read

Manfaat Daun Kemangi

Ahmad fahmi
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *